care to visit my other blog?

care to visit my other blog?
my studies, thoughts, and ideas in English Language Learning

Saturday, August 18, 2012

No. 1. Kebahagiaan adalah...

Keping 1 - Membangun fondasi keluarga bahagia

Buku "100 Cara Agar Anak Bahagia" berisikan 100 tips yang dibagi menjadi lima bagian besar yang disebut Keping, dari 1 sd. 5 yang masing-masing berisi 20 cara/tips.
Berikut ini adalah cara no 1 dari keping no 1

No 1. Kebahagiaan adalah...
Kita harus bisa mendefinisikan kebahagiaan itu apa, dan mungkin definisinya pun berbeda-beda bagi tiap orang. Dulu saya sering mengkaitkan kebahagiaan dengan banyaknya uang dan waktu luang.
Seiring dengan berjalannya waktu (dan bertambahnya umur tentunya hahaha) definisi itu pun berubah.
Menurut penulis buku tsb. kebahagiaan adalah sesuatu yang kita pilih (choose). Ia tekankan pula bahwa:

Sifat dan kualitas dari keputusan hidup kitalah yang menentukan kebahagiaan.

Saya setuju sekali. Pilihan saya atas definisi bahagia tentu tidak sama dengan pilihan Anda.

Ternyata Choose ini juga akronim dari beberapa strategi mencapai kebahagiaan sbb

C - Clarity = Kejelasan
      Anda perlu kejelasan atas tujuan hidup Anda.

H - Health = Kesehatan
      Anda membutuhkan kesehatan yang berkualitas

O - Optimism = Sikap Optimis
       Anda harus memiliki pandangan positif dan realistis terhadap diri Anda

O - Others = Orang lain/ sesama
       Anda harus sadar akan kondisi orang laindan hubungan Anda

S - Strength = Kekuatan
      Anda harus fokus pada kekuatan Anda, dan bukan pada kelemahan Anda

E - Enjoy = Nikmatilah
      Nikmatilah setiap momen kehidupan Anda

Cukup simpel dan mudah diingat ya.
Tapi prakteknya belum tentu...maksudnya...perlu latihan.
Terus terang, soal Clarity saja saya merasa tujuan hidup masih sring berubah-ubah, masih sering terombang-ambing antara keinginan saya dan keinginan orang tua.
Tetapi benar sekali, saat saya memulai hari dengan kejelasan, segala sesuatu memang lebih menyenangkan. Bandingkan saja kalau kita bangun pagi, dan tiba-tiba disibukkan oleh banyak hal yang beragam yang membuat kita tidak bisa fokus, otomatis seharian jadi manyun.

Untuk poin lainnya jelas sekali ya rasanya. Ada yang punya komentar?
Silahkan ya.

 (NB. Tulisan ini saya buat dengan sedikit terburu-buru dan dengan konsentrasi sedikit bercabang karena adanya kembang api dan petasan yang sangat meriah di luar rumah yang membuat anak saya kegirangan dan memanggil-manggil saya untuk ikut menikmati kegembiraannya. Don't worry, be happy)

No comments:

Post a Comment