care to visit my other blog?

care to visit my other blog?
my studies, thoughts, and ideas in English Language Learning

Sunday, June 24, 2012

Your children need your presence more than your presents

Apakah yang paling dibutuhkan oleh anak-anak kita?
Rasanya para orang tua di kota-kota besar semakin disibukkan oleh tuntutan memenuhi kebutuhan si buah hati.
Mainan edukatif, pakaian yang lucu dan cantik, film, jalan-jalan ke tempat wisata, les robotik, les ini dan itu....daftarnya begitu panjang.

Saya sendiri mengalami.
Membelikan ini dan itu untuk anak saya.
Itupun rasanya masih kurang terus.
 
Tapi saya sadar juga, bahwa seringkali saya membelikan beberapa mainan yang cukup mahal sebagai upaya saya 'mengurangi dosa', meminimalisir rasa bersalah karena telah meninggalkannya bekerja untuk beberapa jam.

Alhamdulillah, sekarang sih saya masih bisa mengatur waktu agar tetap banyak berada di sampingnya, alih-alih membelikannya banyak mainan.

Setujukah anda bahwa saat kita membelikan mainan-mainan seringkali dengan perasaan bersalah karena telah meninggalkan si kecil, atau dengan harapan keberadaan mainan itu bisa menggantikan peran dan kehadiran kita terutama sebagai orang tua?

Saya gak sengaja menemukan quote berikut saat browsing di internet. Tepat sasaran banget.
Langsung kena, gak bisa ngeles. Berikut quote/ kutipan kalimat bijaksana tersebut:

"Your children need your presence more than your presents"

So true. Dan aku sendiri juga sudah merasakan, dan menikmati hadir di sisi si kecil, menemaninya bermain lego, ular tangga, ataupun nonton film kartun lucu dan tertawa terbahak-bahak bersama.

Dan kehadiran kita berarti rasa sayang, perhatian, dan juga kesempatan kita mengenali betul si buah hati. Mengenali bagaimana dia berkomunikasi, bagaimana dia berimajinasi, bagaimana dia bereaksi terhadap sesuatu hal. What a precious moment. 

Jadi.....sama gak? Gak bisa ngeles kan?
Mungkin kita perlu evaluasi sedikit apakah perlu kita memberikan hadiah-hadiah mainan yang berlebihan.
Tidak mau membelikan bukan karena tidak mampu, tapi karena kita punya pilihan yang lebih baik. :)

No comments:

Post a Comment