care to visit my other blog?

care to visit my other blog?
my studies, thoughts, and ideas in English Language Learning

Monday, June 25, 2012

Yuk mewarnai bareng si kecil!

Secara saya ini dari kecil suka menggambar, terus kuliah di jurusan arsitektur pula, jelas-jelas lah bahwa menggambar itu hobi saya.
Tidak ada niat sama sekali menurunkan minat tersebut pada si buah hati.
Tapi alhamdulillah ternyata si kecil sekarang sukaaa sekali menggambar.


 

Kalau mewarnai bagaimana?
Si kecil gak suka mewarnai pada awalnya. Sejak masuk TK B, barulah saya daftarkan dia di kursus melukis yang diadakan sekolahnya.
Tadinya sempat khawatir, apakah kursus ini akan 'membunuh' kreatifitasnya.
Tapi sebelum saya daftarkan si kecil ikut kursus, saya tanya dulu apakah dia mau atau tidak.
Karena tampaknya dia berminat sekali, maka jadilah...ikut kursus seminggu sekali.

Namanya juga udah ikut kursus, adalah harapan-harapan yang timbul agar si kecil saya itu bisa ikut lomba mewarnai dan bisa menang.
Tapi kalau diperhatikan, dia ternyata masih kalah jauh ketrampilan mewarnainya di banding teman-temannya (yang ternyata sudah ikut les sejak tahun lalu).

Alhamdulillah saya masih bisa menahan diri, tidak pernah mengkritik hasil karya si kecil, ataupun memaksanya mewarnai lebih baik. Saya pikir kan segala sesuatu itu proses, dan biarkan proses itu berjalan alami.

Lalu suatu kali saya sempatkan diskusi dengan sang guru lukis.

Saya: "Pak, Hanif mewarnainya belum terlalu rapi ya."
Guru: "Iya, gak pa pa bu. Tapi kemajuannya kelihatan dalam hal konsentrasi dan ketekunan. Dulu waktu baru ikut les, Hanif sering main-main, bercanda-bercanda. Sekarang dia tekun menyelesaikan tugas mewarnainya. "

Alhamdulillah, sang guru lukis ternyata punya visi mendidik yang insya allah baik. Tidak memaksa si anak. Memang sih beliau juga mengajarkan teknik-teknik mewarnai yang kemungkinan membuat seorang anak bisa juara dalam lomba mewarnai, tapi untungnya dia tidak paksakan hal itu pada semua anak.

Terhadap anak saya dia paham bahwa tahapannya adalah melatih ketekunan dan konsentrasi.
Dan kebetulan cocok sekali ini dengan prinsip saya untuk tidak memaksakan anak ikut lomba-lomba yang tidak perlu atau yang belum saatnya. 

Sejak itu saya semakin semangat menemani si kecil mewarnai. Karena ternyata itu bisa jadi 'quality time' yang menyenangkan buat kami berdua, serta banyak aspek edukasinya, seperti antara lain: melatih ketekunan, konsentrasi (karena kan gak boleh keluar garis), juga motorik halus, belum lagi sense of art nya.

So...mari hari libur ini kita gak usah jalan-jalan ke mall, tapi main aja di rumah...mewarnai bareng si kecil!

No comments:

Post a Comment